Padma Bhuwana

Keputusan Pesamuhan Agung Parisada Nomor: 8/KEP/P.A. Parisada/XII/2010 Tentang Rekomendasi Padma Bhuwana Simbol Alam Stana Tuhan

Pendahuluan

Bhuwana Agung atau alam semesta yang maha luas inilah sesungguhnya sebagai stana Tuhan sebagaimana dinyatakan dalam Mantra Yajurveda, XXXX.1 dan juga diulang kembali dalam Isopanisad, 1.1 dinyatakan sbb: “Isavasyam idam sarvam, yat kim ca jagatyam jagat”. Artinya: Tuhan berstana di alam semesta yang bergerak maupun yang tidak bergerak. Menurut Rgveda, X.90.4 Tuhan berada hanya seprempat di alam semesta ini dan tiga perempatnya yang tidak terbatas itu di luar alam semesta.

Dari konsep inilah muncul Padma Bhuwana Tattwa. Maksudnya alam yang disebut Bhuwana Agung ini adalah stana Tuhan yang sesungguhnya. Artinya tidak ada bagian alam ini tanpa kehadiran Tuhan. Padma Bhuwana Tattwa ini diwujudkan ke dalam konsep pemujaan Tuhan dalam wujud tempat pemujaan. Ini artinya pemujaan pada Tuhan hendaknya didaya gunakan untuk membangun kehidupan yang seimbang lahir batin, untuk mendapatkan rasa aman (raksanam) dan untuk memotivasi umat membangun kesadaran rokhaninya melestarikan alam lingkungan dan meningkatkan kwalitas hidup baik sebagai manusia individu maupun sebagai makhluk sosial. Hal ini akan nampak dari empat konsepsi pendirian tempat pemujaan yaitu Konsepsi Rwa Bhineda, Catur Loka Pala, Sad Vinayaka, dan Padma Bhuwana.

Tempat pemujaan Tuhan yang disebut Pura atau Mandir dan ada juga disebut Kahyangan dan sebutan lainnya itu adalah lambang alam semesta. Karena umat Hindu memuja Tuhan Yang Mahaesa itu adalah Tuhan yang Esa dan Mahakausa itu karena itu Pura atau tempat pemujaan Tuhan itu melambangkan alam semesta atau Bhuwana Agung.

Tujuan tertinggi dari pemujaan Tuhan itu adalah untuk meraih anugrah kesucian Tuhan semaksimal mungkin untuk diberdayakan menguatkan hidup memelihara kelestarian alam macrocosmos dan microcosmos atau Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit. Hal itu menjadi landasan membangun kehidupan yang sejahtera lahir batin baik untuk Bhuta Hita, Jagat Hita, dan Jana Hita yaitu kesejahteraan alam, kesejahteraan manusia secara individu dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.

Empat Jenis Tempat Pemujaan Hindu

Salah satu dimensi keberadaan tempat pemujaan Hindu seperti Pura adalah untuk membangun empat jenis kerukunan yaitu: kerukunan family, kerukunan territorial, kerukunan fungsional, dan kerukunan universal. Untuk membangun empat jenis kerukunan itu didirkanlah empat jenis kharakter tempat pemujaan yaitu:

a. Pura Kawitan

Pura Kawitan sebagai sarana pemujaan bagi mereka yang memiliki kesamaan keluarga atau klan. Pura ini seperti Merajan/Sanggah Kemulan di hulu setiap pekarangan rumah tinggal umat Hindu. Di Bali ada yang disebut Merajan/Sanggah Gede, Pura Ibu. Pura Dadia atau Pura Panti, Pura Kawitan dan Pura Padharman itu contoh bentuk pemujaan umat Hindu untuk membangun kerukunan family secara bertahap disamping fungsi utamanya memuja leluhur (Dewa Pitara) sebagai tangga memuja Tuhan Yang Mahaesa.

b. Pura Kahyangan Desa

Pura Kahyangan Desa adalah Pura yang digunakan sebagai media pemujaan oleh mereka yang berada di suatu Desa Pakraman atau Desa Pemukiman Hindu. Pura Kahyangan Desa itu misalnya Pura Kahyangan Tiga (Pura Desa, Puseh, dan Dalem), Pura Penataran, Pura Segara dan Pura yang menjadi media pemujaan umat Hindu di tingkat Desa Pakraman bersangkutan.

c. Pura Swagina

Pura Swagina adalah Pura sebagai sarana pemujaan bagi mereka yang memiliki kesamaan profesi. Profesi dalam istilah Hindu disebut Swagina. Seperti Pura Melanting di pasar sebagai pemujaan para pedagang, Pura Ulun Carik bagi para petani sawah. Pura Alas Harum bagi para petani kebun maupun peternak. Pura ini disamping sebagai pemujaan Tuhan sebagai fungsi utamanya juga berdimensi untuk membangun kerukunan umat yang memiliki profesi yang sama.

d. Pura Kahyangan Jagat

Pura Kahyangan Jagat yaitu Pura pemujaan untuk umum dengan tidak membeda-bedakan asal keluarga, asal desa maupun profesinya. Pura Besakih adalah salah satu Pura Kahyangan Jagat yang terutama dengan jajar kemirinya.